Kehidupan Rumahku…

Memberdayakan Potensi Akal

Mengertilah Wahai anakku, semoga Allah senantiasa menunjukkimu pada kebenaran bahwa seorang manusia tidak pernah disitimewakan dengan diberi akal kecuali dia berbuat sesuai dengan tuntutan akal tersebut. Oleh karena itu, kedepankanlah akalmu, berdayakan pikiranmu, dan perkayalah jiwamu.
Belajarlah dengan berdasarkan pada dalil, karena engkau adalah seorang makhluk yang mendapatkan beban hukum, dimana engkau dibebani berbagai kewajiban yang harus engkau kerjakan. Ada dua malaikat yang senantiasa mencatat semua ucapan dan pandangan matamu. Nafas-nafas kehidupan, sesungguhnya hanya mengarahkanmu kepada kematian. Waktu unutk tinggal di dunia sangatlah singkat, sedangkan terkurungnya seorang hamba dikubur sangatlah lama, dan siksa akibat memperturutkan hawa nafsu sangatlah menyakitkan.
Lantas dimanakah kenikmatan-kenikmatan yang dirasakan kemarin? Semuanya telah pergi. Dan yang tersisa kini hanyalah penyesalan.
Dan dimanakah segala kelezatan memperturutkan syahwat yang pernah dibisikkan oleh nafsu? Betapa banyak kepala yang tertunduk lesu dan kaki yang tergelincir? Seseorang yang berbahagia tidak akan bisa merasa berbahagia dengan sebenar-benarnya, kecuali dengan menentang hawa nafsunya. Dan seseorang yang sengsara tidak akan pernah mengalami kesengsaraan kecuali karena ia lebih mementingkan duniannya.
Ambillah pelajaran dari para raja dan ahli zuhud yang pernah hidup di masa lampau. Di manakah gerangan kenikmatan yang pernah mereka kenyam? Dan dimana pula gerangan kesusahan yang pernah mereka rasakan? Kini yang tersisa hanyalah pahala yang melimpah dan cerita yang baik, yang diperuntukkan bagi orang-orang yang mau menaati Allah. Sedangkan cerita yang buruk dan siksaan yang menyakitkan diperuntukkan bagi orang-orang yang bermaksiat kepada-Nya. Seolah-olah mereka yang pernah merasa lapar pada hakikatnya tidak pernah lapar dan mereka yang pernah merasa kenyang sebenarnya juga tidak pernah kenyang.
Bermalas-malasan dalam mengerjakan amal keutamaan adalah tabit buruk. Kesukaan menganggur akan mendatangkan penyesalan dan tidak mengembangkan potensi semua kenikmatan yang telah ada. Oleh karena itu bersiaplah untuk bersusah payah mengerjakan amal keutamaan.
Mengertilah wahai anakku bahwa tujuan yang hendak dicapai itu sesuai dengan kadar kemampuan yang telah dicurahkan oleh orang yang mempunyai tekad yang kuat, maka datanglah himpunan tekad tersebut. Namun tidak semua yang diimpikan layak menjadi cita-cita dan tidak pula semua orang yang menginginkan sesuatu bisa mewujudkan keinginannya tersebut. Namun seorang hamba hanya disuruh untuk bersungguh-sungguh, sebab semua orang telah diberi kemudahan untuk mendapatkan apa yang menjadi bagiannya. Dan hanya Allah yang layak untuk dimintai pertolongan.

(dikutip dari kitab yang berjudul Luftatu ‘l-Kabad fi Nashihati ‘l-Walad karangan Ibnul Qayyim Al-Jauziyah)

Advertisements

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. desicandra said, on January 8, 2010 at 2:28 am

    Assalaamu’alaikum. Suhanallah, blognya orang pinter gini ya…saya nggak ngerti blas fuzzy logic, matlab dsb….semoga anti selalu dapat membagi waktu sebaik-baiknya antara menuntut ilmu syar’i dan sistem informasi. Selamat belajar….semoga ilmu anti bermanfaat bagi ummat. Amiin.

  2. putrisiazahra said, on January 14, 2010 at 4:45 am

    Jazakillah Khoyr atas nasehatnya ya ukhty….

  3. adiputra said, on February 19, 2010 at 12:07 pm

    blum sempet di baca….di simpen dulu…

    sekedar saran..

    mengenai kerapihan artikel mohon diperhatikan,,

    biar orang yg baca nyaman dan enak dilihat…

    makasih….

  4. putrisiazahra said, on February 22, 2010 at 2:12 am

    @adisaputra
    na’am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: