Kehidupan Rumahku…

Bagaimana Sebaiknya Hidup di Jakarta

Posted in Nasehat by putrisiazahra on April 1, 2011

Bismillah..

sudah hampir 4 bulan saya hidup dan berpetualang di Ibukota negara kita, Jakarta. dan selama 4 bulan itu banyak sekali hikmah dan pelajaran baru yang bisa saya ambil.

Pertama, mengenai kondisi tubuh dan lingkungan tempat tinggal. Tubuh saya termasuk tubuh yang “gampang” beradaptasi dengan lingkungan sekitar. saat saya kuliah di Yogya dulu, saya hanya membutuhkan waktu 1 minggu untuk menyesuaikan diri dengan kota Yogyakarta.. namun tidak dengan Jakarta. selama 2 bulan saya sering sekali sakit-sakitan. Entah itu maagh saya yang sering sekali kambuh (bukan disebabkan saya telat makan/ kurang teratur makan. Namun lebih disebabkan karena kondisi Jakarta yang begitu Macet). atau saya sering sekali kecapaian. setelah saya analisis hal ini disebabkan karena kota Jakarta yang Macet dan kemana-mana harus NGANTRI dan JAUH. Lingkungan di Jakarta yang orang-orangnya penuh dengan Egoisme dan tidak Ramah ternyata juga mempunyai andil dalam membuat maagh saya kambuh. tidak seperti di Yogya, hawanya begitu hangat dan ramah. Alhamdulillah, ini hanya terjadi seminggu sekali, karena saya berpergian pada hari sabtu dan minggu. oleh karena itu, jika mencari tempat tinggal di Jakarta carilah tempat yang terhindar dari macet dan sesaknya lalu lalang orang yang berpergian ke kantor. yang udaranya bagus, juga airnya bagus. karena kedua hal inilah yang menjadi obat bagi saya (alhamdulillah, lingkungan rumah saya bagus,air dan udaranya juga bagus).

Kedua, Jika berpergian DILARANG PERGI PADA JAM 06.00-07.00 SAAT Manusia BERANGKAT ke KANTOR atau JAM 16.00-17.30 Saat Manusia Pulang dari kantor.
akan terjebak macet di jalanan. dan sulit mendapatkan transportasi umum yang memadai. sebaiknya pilih jam-jam diluar jam yang saya sebutkan itu. tapi jika anda adalah orang kantoran juga maka sebaiknya berangkat sebelum jam yang saya sebutkan.

Ketiga, lebih baik naik bis TRANS JAKARTA jika anda orang baru di Jakarta. Bis ini menjadi pilihan bagi orang-orang di wilayah JABOTABEK. disamping hanya membayar sekali dan bisa transit dimanapun shelter bisnya, juga bisa digunakan untuk berpergian mengelilingi kota Jakarta dari utara sampai selatan juga dari barat sampai timur dengan ongkos yang murah. contohnya saya yang berada di Jakarta barat jika ingin ke Matraman, jakarta Pusat cukup naik bis ini di itc permata hijau kemudian transit di shelter harmoni. dari shelter harmoni cari bis yang jurusan cililitan atau kampung Melayu. nah kedua bis ini melewati shelter Matraman, cukup mudah dan Aman.

Keempat, Mengenai makanan dan minuman. saya sarankan anda memasak sendiri di Rumah. kebanyakan warung-warung yang ada di Jakarta tidak terlalu memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang mereka jual. entah itu ditinjau dari sisi memasknya di dapur atau menjualnya di pinggir jalan. selain itu, harganya juga cukup mahal.
contohnya saja sebungkus nasi uduk bisa dihargai Rp.6000 (padahal di yogya cuma Rp.2500) dan harga nasi warteg rata2 juga Rp.7000 (maksimal lauknya ikan separo). kalau masak sendiri dengan uang Rp.10000 sudah bisa makan 2 kali untuk 2 orang dengan lauk yg sama.

Kelima, Jangan lupa selalu menggunakan masker jika anda berpergian. Asap dari kendaraan bermotor yang bertebaran dimana-mana dapat menganggu organ pernafasan kita.

sekian dulu hikmah yang saya sampaikan dari kota Jakarta..

Semoga bisa diambil manfaatnya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: